Selasa, 06 Agustus 2013

PBL 1

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Hai… udah beberapa bulan blog ini nggak dibuka sama pemiliknya.. hihihi
2 bulan terakhir ini aku lagi lumayan sibuk, kemarin itu aku ada kegiatan PBL 1 (Praktek Belajar Lapangan 1) selama dua minggu ya tentunya kegiatan kampus.. PBL ini hampir samalah sama KKN, bedanya Cuma waktu sama lokasinya aja yang lebih kecil.
PBL kemarin itu seru banget, selain karena ini merupakan pengalaman pertama aku, yang bikin seru itu juga lokasi PBLnya. Jadi kita itu ditempatkan di daerah pulau yang lumayan jauh dari kampus. Untuk bisa sampai ke pulau itu kami membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 5 menit naik motor untuk sampai ke dermaganya dan 25 menitan untuk sampai ke pulaunya.


Kami di bagi dalam beberapa posko, dalam 1 posko ada 18 atau 19 orang. Kemarin posko aku kebagian 19 orang, jadi ada 15 cewek dan 4 doang cowoknya hihihi
Awalnya kami ditempatkan di kelurahan lain tapi berhubung karena didaerah tersebut kurang aman maka pengelola memutuskan memindahkan lokasi kami ke Kelurahan Lakkang yang berada di pulau. Nah pulaunya ini beda sama pulau kebanyakan, karena yang mengelilingi pulau ini bukan laut melainkan sungai.. nah loh -__-



peta Lakkang *taken from google*

Pertama mendengar perubahan lokasi itu tentunya kami semua kaget apalagi daerah itu baru pertama kali menjadi lokasi PBL fakultasku, berbeda dengan lokasi teman-teman ku yang lain yang lokasinya sudah beberapa kali menjadi lokasi PBL senior kami ditambah lagi lokasi tersebut berada di pulau yang tentu saja akses untuk mencapai lokasi tersebut akan susah. Namun dosen pembimbing kami memberikan sedikit berita baik yaitu kami akan lebih mudah bekerja sama dengan warga disana karena PBL yang kami lakukan akan menjadi PBL pertama di tempat itu. Tentu saja hal itu akan menjadi hal baru bagi masyarakat di sana dan kami akan lebih mudah mengumpulkan data nantinya dan karena akses menuju daerah itu lumayan susah maka supervisor tentunya akan berpikir dua kali untuk mengunjungi kami hihihi *ketawasetan* :D

Beberapa hari sebelum kami PBL aku dan teman-teman melakukan ceklok alias cek lokasi. Selain ingin melakukan cek lokasi, kami juga ingin mencari tempat yang akan kami tinggali nantinya untuk dua minggu dan sekaligus mengantarkan surat dari fakultas sebagai penyampaian kepada aparat setempat bahwa kami akan melakukan PBL selama dua minggu di daerah mereka.
Pertama kali sampai di daerah itu tentu saja aku merasa sangat asing namun untungnya warga disana sangat welcome. Tentu saja itu adalah awal yang sangat baik.

Sehari sebelum penerimaan mahasiswa PBL di kantor Kecamatan, aku dan teman-teman seposko membawa semua barang-barang yang nantinya akan kami butuhkan disana dan Alhamdulillah kami mendapatkan tempat tinggal yang bagus yang nantinya akan menjadi posko kami, ya posko 8 :)


ini waktu ngangkut barang, foto di depan dermaga



it's katinting, alat transportasi ke Lakkang :D

Hari pertama di lokasi PBL kami hanya melakukan persiapan-persiapan kecil, membuat POA (Plan Of Action), Ghant chart, melakukan mapping, menggambar mapping, mempelajari kuesioner dll..
Dua hari kemudian kami melakukan seminar awal kelurahan yang bertujuan untuk menjelaskan kepada warga tujuan dari PBL yang akan kami lakukan. Nah di seminar awal kami, jumlah peserta yang ikut dalam seminar sangat menggembirakan karena peserta seminar di kelurahan tempat kami PBL adalah peserta seminar terbanyak dari semua posko, Alhamdulillah :)


foto bareng pak Lurah












foto-foto di atas tadi itu suasana pas seminar awal kelurahan


yang ini foto waktu nyiapin konsumsi buat peserta seminar


Setelah melakukan seminar kami pun mulai melakukan pendataan kepada seluruh warga di kelurahan Lakkang dan pada malam harinya kami melakukan penginputan data yang telah kami dapat dari wawancara pada siang harinya. Pendataan yang kami lakukan hanya berlangsung 3 hari, yaa waktu itu tentu saja sangat jauh dari perkiraan karena sebelumnya kami tidak menyangka bahwa pendataan yang kami lakukan akan selesai hanya dalam waktu 3 hari..



Setelah melakukan pendataan dan penginputan data, kegiatan kami lanjutkan dengan analisis data dan menentukan prioritas masalah kesehatan yang kami dapatkan dari 3 hari pendataan warga.
Selama 2 minggu di kelurahan Lakkang kami bukan tidak menemui beberapa masalah, beberapa hari terakhir kami di sana ada beberapa teman kami yang kesurupan beberapa kali dan masalah terbesar di sana adalah kurangnya air bersih dan ketersediaan jamban hahaha :D

Setiap kali ingin mandi kami menumpang ke salah satu rumah warga yang kebetulan mempunyai akses air bersih ke rumahnya dan untuk memasak kami menggunakan air minum isi ulang.
Setelah kami selesai melakukan penentuan prioritas masalah kami pun mempersiapkan bahan presentasi untuk melakukan seminar akhir kelurahan yang merupakan kegiatan terakhir yang akan kami lakukan di lokasi PBL berdasarkan jadwal. Seminar akhir itu sendiri bertujuan untuk menyampaikan kepada warga apa saja prioritas masalah kesehatan yang kami dapatkan dari kegiatan kami selama dua minggu di kelurahan Lakkang. Prioritas masalah yang telah kami dapatkan akan digunakan sebagai data untuk PBL 2 dimana pada PBL dua akan dilakukan interfensi terhadap masalah kesehatan tersebut.

Pada saat seminar akhir peserta yang hadir ternyata lebih banyak daripada peserta yang hadir pada seminar awal dan lagi-lagi peserta seminar akhir kami adalah peserta terbanyak dari seluruh seminar yang adakan. Alhamdulillah ternyata antusiasme warga untuk menerima kami begitu baik. Walaupun saat itu seminar kami diadakan bersamaan dengan kegiatan kemah wisata di kelurahan tersebut ternyata antusiasme warga tidak berkurang, namun sayangnya pada seminar akhir pak lurah tidak sempat hadir karena ada kegiatan lain dan hanya digantikan oleh stafnya, kami tetap saja sangat berterima kasih kepada seluruh warga kelurahan Lakkang yang telah menerima kami dengan sangat baik.



lagi nyiapin konsumsi buat peserta seminar

'

ini stafnya pak lurah yang gantiin dia pas seminar akhir kelurahan







suasana seminar akhir


foto sesi terakhir... 
yeeyyyy finally .. kegiatan PBL selama 2 minggu berakhir sudah :D

Setelah melakukan seminar akhir kami memutuskan untuk tinggal 1 hari lagi di posko karena kami juga belum mendapatkan izin dari pengelola untuk meninggalkan lokasi. Satu hari itu kami manfaatkan untuk melakukan kerja bakti sebagai ucapan terima kasih kami kepada warga Lakkang. Kami membersihkan pustu dan kantor kelurahan.

Kegiatan itu merupakan kegiatan terakhir yang kami lakukan di kelurahan Lakkang. 

Hari pertama menginjakkan kaki di tempat ini waktu dua minggu terasa akan sangat lama, namun saat hari terakhir di sini waktu dua minggu itu terasa sangat singkat. Iyaa,, PBL 1 ini merupakan hal yang selalu indah untuk dikenang namun tidak ingin untuk diulang..


ini masih ada beberapa foto yang mau di posting, tapi sinyal lagi nggak bershabat, jadi postingan kali ini sampe sini aja, ntar lain kali foto yang lainnya diposting :)
dadaaaaaaahhh :D


ehh masih ada satu..
Minal aidin wal faidzin yah.. mohon maaf lahir dan bathin..
selamat lebarannn :D

0 komentar:

Posting Komentar